13 February 2015

TOUR GUA PANCUR


Tour GUA PANCUR




Tour guide gua pancur

Mempelajari gua pancur, judul inilah yang sudah di angkat ke muka publik oleh media surat kabar dari suara merdeka. Gua pancur memang gua yang masih alami, masih belum ada penelitian yang dilakukan untuk mempelajari gua ini. Gua pancur begitulah sebutannya, baru kemarin salah satu ahli gua yang berasal dari universitas brawijaya malang di datangkan oleh GASONG COMMUNITY (selaku pengelola gua pancur) untuk membantu memetakan dan juga memberi penjelasan mengenai struktur gua pancur. Mas imron, sebut saja begitu merupakan ahli gua lulusan dari universitas brawijaya, mas imron menyatakan kalau gua pancur ini memiliki wilayah yang amat luas yaitu 2,4 hektar, jika digunakan sebagai tempat wisata alam sangatlah mendukung sebab berada di kaki gunung kendeng dan udara jauh dari kata polusi. Dengan bantuan dari mas imron GASONG COMMUNITY mulai mempelajari bagaimanakah struktur gua pancur apakah cocok untuk digunakan caving para pengunjung gua pancur.



Setelah melakukan penyusuran selama 3 hari masuk ke dalam gua pancur, gua pancur ternyata memiliki struktur yang sangat menarik hampir keseluruhan gua terbentuk dari batuan karst atau batu kapur. Gua pancur dulunya berada di bawah laut sekitar 25 juta tahun yang lalu, karena pasang surut yang terjadi dan gempa bumi membuat gua pancur ini naik ke permukaan dan membentuk gunung - gunung disekitarnya begitu tandas mas imron. Hal itu dibuktikan dengan adanya hewan - hewan laut yang menempel di batuan sekitar gua pancur. 

Selain memberikan penjelasan mengenai keadaan luar gua pancur, beliau juga membantu GASONG COMMUNITY untuk memetakan kemana arah gua pancur.



Setelah hampir 3 hari mas imron yang di dampingi 3 anggota gasong community ( mas agung, mas soleh dan mas bayu ) selesai melakukan pemetaan gua pancur. Ternyata gua pancur memiliki panjang 827 meter dihitung mulai dari mulut gua sampai daerah sump atau ujung gua pancur. Dengan ketinggian air bervariasi untuk yang paling dalam adalah 130 centimeter dari mulut gua, tempat ini bisa di jadikan untuk caving yang menyenangkan bagi para pengunjung. Setelah melewati 130 meter pertama pengunjung di haruskan untuk berjalan kaki, karena ketinggian air mulai berkurang. Akan tetapi pemandangan yang memanjakan mata akan ditemui setelah 130 meter pertama, ada banyak keindahan batuan yang umurnya mencapai ratusan tahun untuk proses pembentukannya. Menurut mas imron, gua pancur bisa digunakan sebagi laboratorium alami karena memiliki struktur yang menarik dan belum tersentuh oleh tangan - tangan manusia. Jika dikelola dengan baik gua pancur akan menjadi destinasi wisata yang sangat terkenal nantinya. Amin.

0 komentar:

Popular Posts

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites