25 February 2015

KONSERVASI GUA PANCUR

KONSERVASI GUA PANCUR


   
     Gua pancur tidak hanya menawarkan keindahan yang tersembunyi saja, dijadikan wilayah konservasi baik untuk hewan dan untuk tumbuhan telah direncanakan untuk kedepannya. Langkah awal yang dilakukan oleh gasong community telah dilaksanakan dengan menangkarkan burung dara. Burung dara merupakan burung yang biasa dipelihara, lihat saja contohnya dinegara - negara maju seperti Belanda, Singapura, Amerika dan yang lainnya, hewan ini sering kita lihat di pusat kota, burung ini tidak mengganggu justru memberikan hiburan bagi turis - turis asing, dari hal itulah kami komunitas gasong community coba meniru dan menerapkannya di gua pancur, harapannya akan menjadi tempat dan habitat hewan - hewan disekitar gua. Hal ini sangat mungkin dilakukan melihat letak geografis gua pancur yang berada di kaki gunung kendeng yang banyak dihuni hewan - hewan liar dari berbagai jenis. Untuk saat ini burung dara di gua pancur sudah mencapai 20 ekor, yang pada awalnya hanya 4 ekor, selain mudah berkembang biak dan juga mudah perawatannya burung dara juga lebih jinak. Burung dara gua pancur ini dibuatkan rumah yang biasa disebut pagupon letaknya diatas pohon dekat mulut gua. Untuk makannya sendiri burung dara diberi makan 2 kali sehari pagi dan juga sore yaitu jagung yang masih mentah. Tidak perlu susah - susah untuk memberikan makan burung ini, cukup tebarkan jagung di dekat pohon maka burung dara akan datang dengan sendirinya. Selain didekat mulut gua ada juga rumah burung dara di dekat pos pelayanan, kalau makan biasa di sebar di lapangan bola voli atau di dekat pelataran pos pelayanan, hal itu kami lakukan selain untuk menarik pengunjung juga untuk melindungi hewan - hewan disekitar gua pancur.




   

Gua pancur sebagai tempat konservasi lingkungan sudah menjadi planing kedepannya, itu dapat dilihat saat mulai memasuki wilayah gua pancur akan akan papan larangan "DILARANG BERBURU" hal itu kami lakukan sebab banyak sekali pemburu - pemburu liar yang dengan seenaknya membunuh hewan disekitar gua tanpa memperdulikan habitatnya, jika hal seperti itu terus dibiarkan maka populasi hewan disekitar gua akan punah. Selain hewan tumbuhanpun juga dilindungi disini jika ada yang dengan segaja merusak dan juga memburu hewan di daerah gua pancur, dengan tegas kami akan menindak lanjutinya. Harapannya gua pancur akan menjadi tempat konservasi hewan dan juga tumbuhan yang sekarang ini sudah langka di indonesia, lebih memperhatikan lingkungan dan jangan merusaknya. By : Gasong Community

0 komentar:

Popular Posts

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites