11 February 2015

SUARA MERDEKA " WARGA BELAJAR TENTANG GUA PANCUR "

    BALAJAR KARAKTER GUA PANCUR



   PATI – Rencana pengembangan objek wisata Gua Pancur tidak hanya diupayakan Pemkab Pati. Masyarakat Desa Jimbaran, Kecamatan Kayen belakangan ini juga gencar melakukan pembenahan dan peningkatan kapasitas untuk mendukung upaya tersebut.

Warga yang selama ini aktif dalam Gasong Community menggandeng sejumlah pihak untuk meningkatkan kapasitas. Di antaranya, mengenal lebih dekat mengenai gua beserta konservasi lingkungan. ‘’Kami bersama Ikatan Mahasiswa Pecinta Alam (Impala) Universitas Brawijaya (Unibraw) belajar lebih dalam mengenai gua Pancur.






Selain itu juga mengenal keanekaragaman hayati di dalamnya,’’ ujar Koordinator Gasong Community, Suyitno, kemarin. Mereka menyusuri gua yang diperkirakan sepanjang 800 meter. Selain untuk mengenal lebih dekat gua khas kawasan karst itu, mereka juga belajar mengenai keselamatan dalam penelusuran selama dua hari.

Pengetahuan dan kemampuan tersebut dibutuhkan masyarakat agar mereka dapat terlibat dalam pengelolaan objek wisata yang dahulu pernah dikelola pemkab. Harapannya, keindahan dan eksotisme alam itu dapat menjadi nilai edukasi bagi berbagai generasi. ‘’Keindagan Gua Pancur patut disosialisasikan secara lebih luas. Karena kekayaan alam ini bernilai tinggi,’’ katanya.

Perlu Dilibatkan

Jika memang pengembangan dilakukan dengan sentuhan program pemerintah, maka pihaknya berkeinginan masyarakat tidak ditinggal. Warga sekitar perlu dilibatkan untuk orientasi peningkatan perekonomian. Menurutnya, paket wisata yang dapat diandalkan dari objek wisata itu, antara lain susur gua. Perjalanan melihat lebih dekat gua dimungkinkan karena areanya tidak sulit dijangkau manusia.

Nilai keindahan di dalamnya juga menjadi daya tarik tersendiri. Suyitno mengaku, gerakan warga dan komunitasnya dalam pelestarian lingkungan dan menjaga Gua Pancur sejatinya tidak hanya spontan. Itu telah berlangsung sejak lama, termasuk turut mengabarkan ke masyarakat luas melalui berbagai kegiatan.

‘’Selain menanam pohon, kami juga pernah menggelar event trabas yang bagian lintasannya melewati Gua Pancur. Itu sebagian dari sekian kegiatan yang telah berjalan dan akan terus dilakukan dengan jenis dan kemasan berbeda,’’ sehingga masyarakat luas akan lebih mengenal GUA PANCUR

0 komentar:

Popular Posts

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites