26 February 2015

FASILITAS GUA PANCUR

Beberapa fasilitas Gua pancur



1. Umum 
   
A. Pos pelayanan
  Pos pelayanan untuk para pengunjung gua pancur ini letaknya di sebelah kanan setelah masuk daerah wisata gua pancur, atau disebelah timur lapangan bola voli. Pos pelayanan ini digunakan untuk memberikan informasi bagi para pengunjung baik yang ingin masuk menyusuri gua ataupan bila ada barang - barang yang hilang, hal - hal tersebut bisa langsung menuju ke pos pelayanan, disana akan selalu ada anggota dari Gasong Community yang menjaga dipos pelayanan.

B. Lapangan bola voli
  Olahraga merupakan hal yang wajib di organisasi gasong community, selain menjaga dan melestarikan lingkungan. Lapangan bola voli yang terletak di depan pos pelayanan ini sifatnya hanya sementara, karena sewaktu - waktu bisa di pindah, lapangan bola voli ini kami sediakan tidak hanya untuk pribadi tapi juga dibuka untuk umum.

C. Gazebo
  Gazebo merupakan tempat yang biasa digunakan sebagai tempat peristirahatan bagi para pengunjung, gazebo terletak di depan mulut gua sekitar 50 meteran dari mulut gua. Gazebo ini cukup besar sehingga mampu menampung banyak orang dan juga cocok digunakan untuk pertemuan - pertemuan yang penting, selain tempatnya yang bersih, udara dan pemandangannyapun masih alami sehingga bisa menyehatkan tubuh.

D. Ayunan
  Ayunan di area gua pancur ada 2 macam, model lingkaran dan juga palang tunggal. Ayunan ini terletak di tepian danau dekat gua pancur. Ayunan lingkaran ada 2 dan palang tunggal ada 3, ayunan ini kami khususkan untuk area bermain anak - anak, akan tetapi jika orang dewasa ingin naik juga tidak apa - apa asalkan tidak melampaui batas berat badan.

2. Susur gua atau caving



Rompi, Helm, Senter
  
Rompi biasa digunakan oleh pengunjung sebelum melakukan susur gua, rompi ini berwarna orange, kenapa harus memakai rompi karena gua pancur hampir keseluruhan adalah area gelap, hal ink dilakukan agar mudah dilihat saat didalam gua, selain itu rompi juga akan bercahaya bila terkena sinar dari senter.

Helm merupakan hal yang sangat penting untuk melidungi kepala, di dalam gua pancur struktur batuannya akan berbeda - beda ada yang tinggi ada yang rendah, ada yang lancip dan ada yang tumpul, helm digunakan untuk melindungi kepala agar tidak terkena batu di dalam gua. Dan juga senter untuk membantu penerangan di dalam gua pancur.

0 komentar:

Popular Posts

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites