11 February 2015

100 METER GUA PANCUR

Indahnya pemandangan gua pancur

     Gua pancur merupakan sungai bawah tanah terpanjang di kabupaten pati, panjangnya mencapai 827 meter dan tinggi bervariasi. Pesona gua pancur mulai dikenal masyarakat luas, mulai dari keindahan dalam guanya sampai keindahan di luar guanya.


Sinar dari surga yang berasal dari mulut gua pancur

 Gua pancur merupakan gua yang tergolong sebagai gua basah karena hampir keseluruhan gua di aliri air. Di mulut gua para pengunjung sudah di suguhi pemandangan yang amat indah. Puluhan batuan stalaktit berjejer rapi seperti kubah - kubah yang terbalik, terdapat gua di dalam gua itu salah satu keunikan guanpancur, gua kecil yang berada di sebalah kanan mulut gua tembus sekitar 20 meter ke sisi gua yang lain dan juga tembus ke luar gua sebelah atas. Masuk sekitar 70 meter ke dalam gua, kita akan di menemui sebuah lubang akan tetapi lubang ini berada di atap gua, tingginya mencapai 10 meter keatas


DOME

Lubang ini disebut dengan Dome. Dome sendiri mempunyai pengertian sebuah lubang yang terbentuk akibat dari pelarutan air dari atas gua, batuan - batuannya dilarutkan oleh air, dulunya dome ini dialiri air seperti air terjun yang berada di atas gua, lama kelamaan debit air yang berkurang sehingga saat ini lubang dome tidak mengeluarkan air lagi, hanya menyisakan lubang besar. Berjalan lebih masuk ke dalam lagi, kita akan menemui batu tilar. Batu tilar ini merupakan batuan yang bisa disebut sebagai penyangga gua karena bentuknya yang besar barada di tengah - tengah gua seperti canggah, setelah kita melihat batu tilar, masuk lagi sekitar 5 meter gua pancur akan terbagi menjadi 2 bagian, yang satu buntu dan yang sayu lagi jalan menuju sebuah rungan lagi.



 Warga menyebut lorong ini lorong menuju surga, karena setelah melewati lorong sekitar 10 meter kita akan menemui ruangan basar yang bentuknha sepertj bekas reruntuhan dari atas gua, dari reruntuhan ini terdapat keindahan yang tersembunyi seperti air terjun kecil yang mengaliri lubang - lubang di bawah bongkahan batu besar. Ruangan ini di sebut sebagai ruang batu border, dikarenakan di dalam ruangan ini terdapat bentuk bebatuan yang sangat unik, bentuknya seperti lubang - lubang di dalam batuan. Tinggi ruangan jni kira - kira 15 meter, ini merupakan ruangan terbesar pertama dan titik aman pertama bagi penjelajah gua pancur.


0 komentar:

Popular Posts

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites